Wednesday, June 13, 2012

Refleksi Hasil Bentukan Belajar Stress and Health. PUM2 :D

Yuk mariii kita baca contoh kasusnyaa XD


     Contoh kasus sebagai refleksi hasil bentukan belajar stress and health saya ialah saat giliran presentasi terus ditunda beserta jadwal yang sulit diterka. Saya mengalami hal tersebut pada 2 mata kuliah dan masing-masing kebetulan sama-sama 3 kali ditunda. Saya merasa stress, ini disebabkan respon tubuh terhadap perubahan yang tidak spesifik ini. Ini tergolong ke daily hassles.

     Saya sudah menyiapkan diri belajar untuk presentasi, mengabaikan sedikit tugas lain untuk sementara fokus pada presentasi. Tapi ternyata ditunda. Dan setiap ditunda, walau ada rasa senang karena punya waktu lebih untuk belajar lebih, rasanya tentu belum lega.

     Pada yang selanjutnya, saya jadi tidak begitu semangat mempersiapkan diri. Dan ternyata memang ditunda lagi. Yang berikutnya, saya makin santai saja, karena merasa sudah agak kecewa disebelum-sebelumnya. Dan benar ternyata kembali ditunda. Pada akhirnya, ketika memang sudah tidak ditunda, persiapan saya lebih minim dari yang sebelum-sebelumnya.

     Saat mengalami stress karena kekurangjelasan info hari presentasi yang sebenarnya, saya cenderung merasa pusing. Ini merupakan reaksi fisik terhadap fikiran yang stress. Dan karena terus-menerus stress sangat tidak nyaman, saya mencoba mengatasinya.

     Saya cenderung melakukan cognitive coping. Saya ber- Reappraisal (mengubah pola pikir atau pandangan terhadap sebuah peristiwa yang berpotensi menimbulkan stres dengan tujuan untuk mengurangi tingkat stres) bahwa presentasi kelompok saya ditunda terus karena kami secara tidak langsung diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas-tugas lain dan memeroleh jatah waktu untuk persiapan lebih matang :)

0 comments: