Tuesday, April 10, 2012

Refleksi Hasil Bentukan Belajar PUM 2. Contoh Kasus Inteligence

Inteligence
Untuk contoh kasus sebagai refleksi hasil bentukan belajar inteligence, saya mengambil dari pembahasan mengenai Fluid and Crystallized Inteligence.

Contoh kasus pertama ialah ketika saya dihadapkan pada situasi yang belum pernah saya hadapi sebelumnya, yaitu saat menumpahkan minum yang saya bawakan untuk tamu orang tua saya, ini terjadi saat SD dulu. Ketika minuman tersebut tumpah, saya ditertawakan dan merasa malu. Penyelesaian yang saya lakukan adalah langsung ikut tertawa, mengambil gelas yang airnya sudah tumpah dan kembali membuat yang baru. Adapun kasus tersebut termasuk dalam contoh kasus Fluid Inteligence.
Hal ini dikarenakan strategi yang dilakukan merupakan hal baru dalam penyelesaian masalah melalui pemrosesan informasi secara cepat akan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dan contoh kasus kedua adalah, sekitar 2 tahun lalu saya pernah akan menyulam nama di sapu tangan untuk seseorang, saya tidak terlalu kesulitan dan tahu cara untuk membuatnya, karena 5 tahun sebelumnya saya pernah belajar sedikit untuk menjahit dengan tangan.
Hal tersebut merupakan contoh kasus dari Crystallized Inteligence, karena permasalahan menyulam nama di sapu tangan dipecahkan dengan pengetahuan dan pengalaman cara menjahit yang sudah pernah didapat sebelumnya walau sudah sangat lama tidak dilakukan.

0 comments: