Friday, May 11, 2012

Pum 2. Refleksi Hasil Bentukan Belajar Gender


Contoh kasus sebagai refleksi hasil bentukan belajar Gender, saya ambil dari hal-hal yang sangat sesuai dengan diri saya.

Secara seksual, karakteristik biologis saya adalah seorang perempuan. Saya memiliki ciri primer maupun ciri sekunder seorang perempuan.

Secara gender, saya juga adalah seorang perempuan, saya menempatkan diri sebagai perempuan sesuai dengan penghayatan pengalaman-pengalaman psikologis yang tumbuh dan berkembang  berdasarkan faktor belajar dan hormonal sebagai seorang perempuan.

Namun secara peran seksual, saya tidak selalu feminine, saya juga dapat menjadi androgynous.

Saya termasuk orang yang sensitif, perasa, mudah khawatir, mudah lelah, cenderung menyukai hal-hal terorganisir, menyukai hal-hal manis seperti bunga, pelangi, sinar matahari, hembusan angin, senyuman, hewan-hewan lucu terutama hamster dan kelinci, cerita-cerita dongeng, warna-warna ceria yang menyenangkan, persahabatan yang sangat erat, dan hal-hal khas perempuan lainnya.

Yang membuat saya berpendapat bahwa saya adalah seorang androgynous, karena ada juga sisi-sisi masculine dalam diri saya. Saya suka hutan, petualangan, bersepeda, kebebasan, keadilan, ketegasan, kekuatan, mencoba berbagai hal baru, terus bertahan dalam suatu keadaan, yang cenderung terkesan masculine.

Kalau orientasi seksual, saya termasuk heteroseksual, menyukai lawan jenis. Melihat lawan jenis yang charming, saya merasa “wah... ia menawan”. Namun melihat sesama jenis yang juga charming, walau menawan, saya merasa biasa saja. :)

0 comments: