Saturday, May 12, 2012

Testimoni Pengalaman Kuliah Dengan Sistem Blended Learning :D

Hari ini, Mata Kuliah Psikologi Pendidikan berbeda dari biasanya

Belajar jadi lebih berkesan, terutama karena ini pertama kalinya duet dengan Blended Learning :D
Ini sangat unik, variasi memang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar agar rasa tertantang dan keseruan semakin berkobar.

Blended Learning yang merupakan kombinasi dari traditional face to face dengan penggunaan komputer bebasis online, menjadikannya istimewa dari yang biasa.

Sisi Positif-ya banyak sekali, membuat bisa sedikit mengikuti perkembangan teknologi yang begitu membara di luar sana, memberi pengalaman baru yang mendidik, melatih bertanggung jawab dengan amanah yang sudah diberikam, melatih kejujuran dalam berperilaku, bisa lebih fokus karena tertuntut aktif secara langsung dalam proses online, menjadikan berbeda dengan kombinasi metode yang saling menyempurnakan, dan sangat banyak sekali hal baik lainnya.

Negatif-nya sih, bukan karena metode maupun individual-individual yang terkait, namun lebih mengarah pada situasi yang mendukung, karena kebetulan dosen pengampu sedang rapat dan berhalangan hadir saat kelas dimulai, kondisi kelas jadi tidak sepenuhnya terkendali. Bukan bentuk yang radikal luarbiasa kok, hanya sedikit lebih bebas saja, karena jadi bisa melakukan aktivitas-aktivitas yang berbeda, bahkan saya sempat menghidupkan dust in the wind-nya sarah brightman sebentar hehe. Selain itu, karena ada beberapa yang tidak memiliki laptop, jadi ada yang tidak optimal. Beberapa yang memiliki jiwa sosial tinggi, berinsiatif meminjam laptop teman yang sedang tidak ada kelas hihi. Ada kejutan diakhir mata kuliah, dosen pengampu tiba-tiba masuk dan mendapati ada beberapa yang bersiap-siap meninggalkan kelas, bahkan sudah ada beberapa yang meninggalkan kelas. Namun, itu juga karena para mahasiswa mengira bahwa ketika jam 10 (waktu diskusi online selesai) berarti sudah boleh pulang, lupa memperhatikan bahwa di chat room, dosen pengampu belum membubarkan kelas.

Kendala yang saya hadapi adalah ketika pertama kali sudah connect dan memulai sedikit percakapan dalam chat room, tiba-tiba koneksi internet mati, jadi agak terganggu sedikit. Namun setelah itu connected terus sampai selesai :) Kalau baterai, alhamdulillah baterai saya cukup kuat. Kalau mengenai cara pakai g talk, alhamdulillah juga tidak terlalu rumit.

Pokoknya hari ini, belajar dengan Blended Learning itu seru dan menyenangkan. Mengutip dari yang dikatakan bu Dina di akhir kelas perkuliahan, "Dunia pembelajaran sangat luas wilayahnya, tidak terbatas dalam ruang dan waktu". Pas sekali :)

0 comments: